Iklan

Kalingga
Agustus 07, 2024, Agustus 07, 2024 WIB
Last Updated 2024-08-07T01:54:14Z
BeritaBerita BaliBerita BisnisHeadlineNews

Sudaji Fest 2024, Pemdes Gandeng APD Gelar Pertunjukan Budaya dan Pasar UMKM Lokal Buleleng

Advertisement

 




Buleleng - Ada ang unik dalam menyemarakkan HUT Kemerdekaan 17 Agustus 2024. Salah satunya inovasi yang digelar oleh Pemerintah Desa Sudaji Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng.


Guna mengisi HUT RI Pemdes dan Aliansi Pemuda Desa Buleleng mengadakan Hiburan, Pasar Malam UMKM, dan Pagelaran Budaya. Pada  Selasa malam (06/08/2024) 


Aliansi pemuda desa besutan Bagus Okta SH, dengan Penasehat sekaligus Pembina Kadek Doni Riana, SH, MH. APD dipercaya pemdes Sudaji menggelar kegiatan Pameran, Pasar Malam sekaligus Pagelaran Budaya, yang dibanjiri penonton.



Sementara  Kepala Desa/Perbekel Sudaji, Made Ngurah Fajar kurniawan, SE menyampaikan apresiasinya atas geliat muda mudi di desanya dalam menyemarakkan HUT Kemerdekaan 17 Agustus 2024.


Desa sudaji yang terkenal dengan sebagai salah satu desa wisata maju berkelanjutan di tingkat nasional menyajikan berbagai tarian dalam pembukaaan acara pasar malam.



Setidaknya ada 3 tarian disajikan oleh muda mudi desa sudaji yang mendapatkan sambutan hangat dari penonton.


Sementara itu, Kadek Doni Riana SH, MH selaku pembina sekaligus penasehat Aliansi Pemuda Desa Buleleng menyampaikam bahwa kegiatan aliansi dilakukan mandiri sebagaimana disampaikan bagus okta tanpa menggunakan dana desa.


KDR panggilan akrab ketua Aliansi advokat bersatu bali dan Ketua Peradi Singaraja, dihadapan para undangan mengajak semua pihak guna mendukung kegiatan kegiatan kepeloporan pemuda dalam membangkitkan budaya dan sektor UMKM buleleng.


" ini kali kedua acara digelar sebelumnya adalah sambirenteng fest," ucap kdr memulai dalam sambutannya.


Pada kesempatan itu, KDR mendaulat ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, SH guna langsung membuka acara Sudaji Fest bertajuk, Semarak Kemerdekaan Sudaji Fest.


Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna SH,  menyatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan yang dilakukan aliansi pemuda desa buleleng.



" Ratusan juta uang beredar di masyarakat ketika pasar malam digelar, diberbagai tempat juga sama ini sangat membantu UMKM di Buleleng," ucap supriatna.


Lantas ia juga menyinggung dengan jumlah umkm dibuleleng 60 ribu lebih maka, kegiatan serupa tetap digalakkan guna menunjang keberlangsungan umkm di buleleng.


" ini adalah modal besar apabila digerakkan dengan baik, dikelola dengan baik, ditata dengan baik maka sangat bagus dalam hal peningkatan ekonomi masyarakat," pungkas Gede Supriatna, SH.


Diketahui setidaknya ada 35 lebih tenan atau peserta UMKM lokal buleleng yang ikut serta dalam kegiatan ini.


Supit juga menghimbau agar penyelenggaran tetap melibatkan umkm desa setempat dalam upaya penguatan ekonomi desa.


Sementara dalam pegelaran budaya dalam pembukaan sudaji fest ini ditampilkan beragam hiburan seperti tarian adat bali khas sudaji, Tari Bhinekaning Taksu Sudaji, Tari Legong mahawidya, Tari Wiranjaa Bondres,  lomba karaoke untuk anak anak, serta lomba lomba lainnya dalam menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke 79.(TIM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar