Iklan

Kalingga
Juli 17, 2024, Juli 17, 2024 WIB
Last Updated 2024-07-17T10:47:00Z
BaliBeritaDesa Adat BanyuatisHeadlineKrematoriumNewsSGK

Hadiri Pecaruan dan Pemelaspas Tempat Kremasi dan Alat - Alat Kremasi di Pura Dalem Desa Adat Banyuatis, Ini Pesan Sugawa Korry

Advertisement


Bali -- bertepatan hari raya Pagerwesi yang sakral di Bali, Dr Nyoman Sugawa Korry, hadiri Pemelaspas Tempat Kremasi dan Alat-alat Kremasi di Desa Banyuatis dan Adat Banyuatis berlangsung meriah yang dilaksanakan pada Rabu ( 17/7/2024 ).


Pembuatan tempat Kremasi dan dan alat alat kremasi mendapat bantuan dari ( Bantuan Keuangan Khusus) BKK Provinsi Bali yang difasilitasi oleh Dr. I Nyoman Sugawa Korry, Wakil Ketua I DPRD Provinsi Bali.




Adapun Antusiame krama desa, juga dari Prajuru Adat Jro Suwisma, perbekel Desa Banyuatis Gede Muliarta dalam acara pecaruan dan pemelaspas alat - alat kremasi di Pura Dalem Desa Adat Banyuatis dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Dr. I Nyoman Sugawa Korry, Camat Banjar Putu Mardika.




Ketika diwawancarai media Dr. Nyoman Sugawa Korry, mengungkapkan rasa syukurnya atas terwujudnya krematorium ini.



 "Astungkara, harapan dan cita-cita masyarakat untuk membangun krematorium guna melayani upacara Yadnya sudah bisa terwujud hari ini. Puji syukur kami bisa memfasilitasi melalui bantuan hibah senilai 200 juta rupiah," ujarnya. Ia berharap fasilitas ini dapat meringankan beban ekonomi masyarakat dalam melaksanakan upacara.



Adapun Camat Banjar, I Made Mardika, turut mengapresiasi inisiatif ini, menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi antara desa adat dan pemerintah dalam membangun krematorium.



 "Krematorium ini tidak hanya bermanfaat bagi warga Banyuatis, tapi juga bagi warga luar desa, mengurangi jarak dan biaya," katanya. 


Selaku Camat Banjar ia juga berharap fasilitas ini dapat menjadi sumber pemasukan bagi desa melalui pajak daerah dan membuka peluang bagi UMKM lokal.




Sedangkan Perbekel / Kepala Desa Banyuatis, Gede Muliarta, menyatakan bahwa koordinasi dan kerjasama yang baik telah dilakukan untuk menyatukan masyarakat dan program-program pembangunan.



 "Dukungan masyarakat sangat penting agar program ini berjalan dengan baik. Kami berharap fasilitas ini dapat meringankan beban masyarakat dan meningkatkan perekonomian desa," ungkapnya.


Kelian Desa Adat Banyuatis, Jro Nyoman Suwisme, juga mengungkapkan rasa syukurnya.



 "Keinginan membuat krematorium di Pewidangan Desa Adat Banyuatis bisa terwujud berkat fasilitasi dari Dr. I Nyoman Sugawa Korry, bersama Manggala dan prajuru maupun Perbekel Desa Banyuatis. Bertepatan dengan Hari Raya Pagerwesi, Rabu (17/7/2024), kami bisa mengadakan pecaruan ageng di tempat kremasi dan alat-alat kremasi untuk dipelaspas." Ucap Nyoman Suwisme dan ia berharap ke depan bisa membuat rumah duka di Pewidangan Desa Adat Banyuatis.


Suasana di Desa Banyuatis terasa aman, nyaman, dan ramai dengan kehadiran banyak warga yang antusias.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar