Iklan

Juni 09, 2024, Juni 09, 2024 WIB
Last Updated 2024-06-09T07:06:10Z

Strategi Marketing dan Kuasai Digital Kunci Sukses UMKM Modern

Advertisement

 

Strategi Marketing Dan Pemahaman Digital Kunci Sukses UMKM Di Era Modern

Jogja- Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pilar penting dalam menopang perekonomian nasional, dan terbukti pada saat pandemi Covid-19 yang lalu disaat industri padat modal banyak bertumbangan namun UMKM tetap bisa survive dan tidak begitu terpengaruh dengan situasi global yang serba tidak menentu. 


Ketua Layanan UMKM Naik Kelas (LUNAS) Sdr. Baskoro menyatakan jika sudah selayaknya pemerintah selaku pemangku kebijakan dan para stake holder melakukan pendampingan serta pembinaan kepada pelaku UMKM, seperti yang telah dilaksanakan LUNAS bersama dengan komunitas UMKM di Ngaglik Kabupaten Sleman pada Sabtu 8 Juni 2024.


"Puluhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berperan penting dalam mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian nasional. Dengan dukungan dari pemerintah, UMKM di Ngaglik telah meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka serta memperluas jangkauan pasar. Perlindungan hukum yang diberikan oleh pemerintah membantu UMKM untuk melindungi hak kekayaan intelektual mereka dan menjaga keberlangsungan usaha" jelas Baskoro.


Selain itu, melalui workshop videografi dengan menggunakan smartphone, pelaku UMKM di Ngaglik belajar untuk memanfaatkan media sosial dan platform digital lainnya sebagai alat untuk mempromosikan produk mereka secara efektif, meningkatkan visibilitas dan daya saing mereka di pasar lokal maupun global. Dengan demikian, kolaborasi antara UMKM Ngaglik dan pemerintah, bersama dengan perlindungan hukum dan pelatihan keterampilan, memberikan kontribusi positif dalam upaya meningkatkan perekonomian nasional.


Senada dengan Baskoro, ketua Paguyuban UMKM Ngaglik sdri. Lina Susanti juga menyatakan di tengah era digital yang berkembang pesat, penggunaan konten video menjadi salah satu alat pemasaran yang paling efektif bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). 


"Namun, banyak UMKM di wilayah Ngaglik masih terbatas pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan konten video yang menarik dan berkualitas. Langkah untuk mengatasi hal ini, sebuah proposal workshop videografi telah diajukan dengan tujuan memberikan keterampilan dan pengetahuan kepada pelaku UMKM di Ngaglik agar dapat menciptakan konten video yang efektif dan menarik untuk meningkatkan daya saing mereka di pasar" ungkap Lina Susanti.


"Pada prinsipnya kami mendukung upaya pemerintah dalam mengembangkan UMKM agar mempunyai daya saing global, dan mohon agar pemerintah dan para stake holder memberikan pendampingan guna kemajuan ekonomi nasional" tutup Baskoro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar