Iklan

Kalingga
April 17, 2023, April 17, 2023 WIB
Last Updated 2023-04-17T02:01:44Z
BeritaBerita BulelengDiskusi ODGJ

"The Marginalist" Kupas ODGJ dan Mental Health, Wandira Adi: Kita Akan Siapkan PERDA

Advertisement




Buleleng - Anggota DPRD Buleleng yang juga Ketua Fraksi Partai Golkar dan Juga Soma Adnyana dari PDI Perjuangan. Diketahui bahwa acara The Marginalist yang diprakarsai LBH Kompak dan Yayasan Bungkulan menggelar Pameran Foto-Diskusi Advokasi Kaum Marginal Pada Jumat (14/04/2023) di Sekber SIMH dan Yayasan Bungkulan.





Disampaikan oleh Ketua Panitia Zulkipli bahwa ini menunjukkan antusiasme masyarakat yang luar biasa atas kesehatan mental.




"Dari acara yang menghadirkan Prof Dr LK Suryani, Kompak dan Dinas Kesehatan, peserta membludak sebab antusiasme masyrakat buleleng atas Kesehatan Mental dan perhatiannya pada ODGJ sangat baik dan Care," Ujarnya.




Sementara dalam sambutannya Suryani Institut For Mental Health yang disampaikan Wakil Direktur SIMH Dr. dr Cokorda bagus Jaya Lesmana, SpKJ (K) bahwa selain berdiskusi juga akan membuka museum monumental tetang kesehatan di Buleleng Bali, selain itu juga bagaimana menikapi perkembangan ODGJ di Bali khususnya dan Indonesia pada umumnya.




"Ditengah pujian bali sebagai pulau surga, bali dengan angka gangguan jiwa tertinggi di indonesia, dan ini memprihatinkan dan kami harapkan apa yang dilakukan teman teman dibuleleng ini akan bisa menjadi gerakan awal agar gangguan jiwa bali bukan lagi tertinggi dan menjadi Pulau Bali ini merupakan Pulau Surga, aman dan nyaman bagi semua orang," ujarnya.




Kendala diBali salah satunya menurut Dr Cok panggian akrabnya bahwa keluarga banyak yang mau terbuka dengan kondisi mental mereka.



"Jika ada yang menderita gangguan jiwa masyarakat justru mengucilkan, mengesampingkan, menunggu sampai merkea mati, ini tentu sangat memprihatinkan, disamping banyak ahli kejiwaan namun angkanya belum mengalai penurunan," Kritik Dr Cok.




Dari LSM Kompak I Nyoman Angga Tusan, SH menyampaikan harapanya agar diskusi ini mampu berguna dan bermanfaat bagi peserta atau bagi masyarakat terutama bagi keluarganya mengalami gangguan jiwa.




"Dengan diskusi ini kita akan mengetahui bagaimana mekamisme ttau acara menangani ketika keluarganya dalam gangguan jiwa tersebut," ujar Angga.


Sedangkan Tokoh masyarakat I Ketut bagiada SH ya juga mantan Anggota DPR RI, yang didaulat untuk menyampaiakan sambutannya.


Ia berharap kehadiaran peserta tidak hanya berhenti dalam tataran wacana tetapi bagaimana kedepannya mampu berbuat dan mennagani ODGJ dan dibali Angkanya paling tinggi.


"Cara menyikapi agar tingkat stress mampu ditangani bagai para penderita gangguan jiwa, apakah meningkat sarana prasarana atau pola penangannya, Ujar Ketut Bagiada yang kini menggeluti budidaya "Hutan gaharu yang difermentasikan menjadi berbagai produk olahan seperti Teh, Dupa, dan Wine Gaharu.



Adapun yang hadir dari Anggota DPRD Nyoman Wandira Adi ST, menyatakakan antusiasmenya, apalagi dari KOMPAK, Yayasan Bungkulan, SIMH. menyelenggarakan kegiatan diskusi sebagai rangkaian HUT Kota Singaraja ke 419.



" Saya kebetulan hadir bersama pak Soma adnyana selaku undnangan, kami berdua hadir selaku anggota DPRD Buleleng, semoga kedepannya pasca diskusi ini ada sesuatu yang bisa kami tindaklanjuti, selaku wakil rakyat juga wakil dari lembaga atau yayasan penyelenggara kegiatan ini, kami harapkan kedepan kami diberi peran atau diperankan melaksanakan tugas sebagai wakil masyarakat," tegasnya.



Tambahnya, bahwa diBuleleng ini belum ada perdanya tapi aturan Bupati atau Perbupnya sudah ada.



"Selaku Bamperda, kalau ingin menjadi tekhnis lagi dalam penanganan ODGj dan kesehatan mental mungkin ibu bapak yang punya konsern, ada baiknya dengan Bapak Ketua DPRD akan kami tindak lanjuti dalam peraturan daerah," ungkapnya.



Dan dari segi anggaran wadah seperti KOMPAK, yayasan bungkulan dan SIMH, bisa memanfaatkan DPRD untuk menggelontorkan anggaran bagi lembaga dan yayasan kemanusiaan untuk ODGJ ini.




Acara diskusipun tidak kalah menariiknya sebab dari SIMH, KOMPAK dan dinas Kesehatan banyak dicecar bagaiaman penanganan ODGJ, timbulnya ODGJ dan penanganannya serta bagaimana perhatian pemerintah selama ini terutama dinas OPD terkait.


Dalam sesi tanya jawab penasehat KOMPAK I Nyoman Sunarta SH selaku pembicara menyampaikan hak hak konstitusi penderita gangguan mental dan ODGJ.



"ODGJ ini memiliki hak yang sama sebagai warga negara, seperti fasilitas yang diterima oleh ODGJ sama yang diterima seperti kita yang normal," tegas Lawyer dan Mantan Aktifis GMNI ini.


"Jelas diatur dalam konsitusi dalam Pasal 28, dalam UU 39 HAM seperti dalam pasal 42 tahun 1999, Bahwa setiap Warganegara usia lanjut, cacat fisik, cacat mental, berhak menadapatkan perawatan,pendidikan, latihan dan kursus dengan

biaya negara," ujarnya.



Dalam UU Kesehatanpun, imbuhnya ada juga mengatur yakni Pasal 48 dan dijelaskan pasal 49.



"Kalau boleh jujur meskipun kita jarang dalam penangan ODGJ ini, mungkin momentum dan acara ini mengingatkan kita membangkitkan semangat kita, terutama penegak hukum terurama para lawyer hadir mendampingi rekan rekan yang bergerak dibdang penangan kesehatan mental dan ODGJ," Tegasnya.


Sedangkan Prof Dr LK Suryani selaku Direktur SIMH menerangkan bagaimana penangan ODGJ dengan tindakan medis dan Non Medis agar mengurangi ketergantungan ODGJ terhadap obat.



" Kalau ODGJ terus menerus dipapar obat makanya muka penderita datar, akibat efek obat sehingga kita akan melakukan terapi dan yoga seperti di Gedung DPRD pernah diberikan ruang untuk terapi Yoga dan meditas untuk kesehtan mental," tuturnya.




Dalam data SIMH tercatat 9000 orang dibali mengalami gangguan jiwa berat (Gangguan Skizofrenia, gila atau buduh ) dengan jumlah terpasung sekitar 350 penderita. Ditambhakan bahwa gangguan jiwa bisa diobati dengan penanganan yang tepat.



Dari dinas kesehatan yang diwakili oleh Sukmayeni,SKM, M.Kes menyebut bahwa sudah ada penanganan standar yang diberlakukan bagi ODG dan gangguan mental dari Puskesmas hingga Rujukan ke RSJ Bangli.


"Dengan adanya rumah singgah bagi ODGJ dan Ada Team terpadu yang terbentuk dan semoga kedepan tiap desa kelurahan ada Gugus Tugas WA Grup dalam penangan ODGJ", harapnya.


Pihaknya juga tidak menampik dampak tekhnologi dan tren peningkatan ODGJ dari angka tahun ketahunnya juga ada garfik penurunan dari 586-306 penderita gangguan mental dan ODGJ.


Menutup acara diskusi Prof Suryani menyampaikan bahwa pihaknya bukan orang kaya namun pihaknya adalah orang terpanggil dalam penangan ODGJ dan Kesehatan Mental.


Acara ditutup dengan pengguntingan Pita dibukanya Museum Fotografi Kesehatan Mental Pertama di Bali dan Nomor 7 di Dunia, diselingi acara pengenalan Produk UMKM Wine Bali dari Bahan fermentasi seperti Wine Gaharu, Wine Ki Barak Wine dan Sans Wine. 


Acara diikuti juga oleh NGO, antonius Sanjaya Kiabeni, Gede Bagiada dari LSM Genus, Wayan Purnamek, Jajaran Advokat, Mahasiswa, pihak Akademisi Undiksha, UNIPAS dan STAHN MpU Kuturan, OKP dan Ketua BEM Di Singaraja, HMI, GMNI, KMHDI dan lainnya ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar