Iklan

Taufikur Rahman
Januari 02, 2023, Januari 02, 2023 WIB
Last Updated 2023-01-07T13:20:57Z
Bedah RumahBeritaBerita SosialDaerahKomunitas Sosial

Peduli Lansia Prasejahtera; Renovasi Rumah Secara Swadaya

Advertisement

 


Bondowoso - Peduli Lansia Prasejahtera, Renovasi Rumahnya. Minggu, 01/01/2023. Renovasi rumah Mbah Babun dilakukan swadaya oleh masyarakat dan beberapa komunitas lokal. Mbah Babun merupakan lansia yang rumahnya hampir ambruk karena kondisi bangunannya yang sudah lapuk. 



"Kami bergerak secara swadaya dan murni demi membantu lansia Pra-sejahtera, seperti Mbah Babun ini, kami bantu bangunkan kembali rumahnya, meski semi permanen tetapi harapannya Mbah tidak kedinginan apalagi bocor ketika musim hujan seperti sekarang ini", Terang Basri sebagai Ketua Lapang.



Mbah Babun diusia senjanya bekerja berjualan sayur keliling, ketika pagi buta Mbah pergi ke sungai atau ke sawah-sawah untuk mengambil sayur, lalu kemudian dijual keliing kampung. Namun seiiring tubuh rentanya, aktivitas jualan mulai berkurang. penghasilan hariannya kian tidak menentu.



"Mbah Babun ini dikenal oleh orang kampung sebagai penjual sayur keliling, namun sekarang sudah mulai kurang jualannya karena faktor usia. ketika kami tahu hal itu, kami coba bergerak bersama. apalagi ketika survei awal, rumah Mbah kondisinya sangat memprihatinkan", Tambahnya.



Sekitar sebulan dari rencana awal rumah Mbah Babun bisa direnovasi semi permanen. kendala yang dialami oleh team adalah soal dana yang tidak cepat terkumpul. Sehingga waktu pengerjaan meleset dari apa yang sudah diperkirakan.


"kalau dihitung waktu, pengerjaan rumahnya hanya dua hari, namun kendala rumitnya sebenarnya diawal ketika pengumpulan dana. karena dana dikumpulkan secara swadaya, sehingga tidak cepat bisa terkumpul", 



"Project renov rumah ini cukup rutin kami lakukan, hanya saja rentang waktunya cukup panjang, artinya kami menyediakan dananya sekaligus secara detail kami pilih penerima manfaatnya (lansia Pra-sejahtera) dikurasi secara ketat oleh team", Tutup Basri.



Mbah Babun sangat bahagia, senyumnya terpancar karena sekarang Mbah tidak bocor lagi rumahnya ketika hujan datang. 

 

"Ghuleh seneng ongghu cong, roma lah ebbcek, tak ketorok polle munlah ojhen, kasoon dhe"ka se nyombeng, se kobesah mak malles kabbhi", Mbah Babun menyampaikan dengan bahasa Madura.

Artinya,

"Saya senang, Cong. rumah saya sudah diperbaiki. kalau hujan tidak bocor lagi, dan terima kasih kepada yang menyumbang semoga Allah memberikan balasannya", Terang Mbah babun (Red).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar