Iklan

Kalingga
Januari 18, 2023, Januari 18, 2023 WIB
Last Updated 2023-01-18T02:21:44Z
ADWI 2022BeritaBerita BaliDesa SudajiPariwisataPeace Run 2023

Ajang Peace Run 2023 Di desa Sudaji, Pembuktian Kualitas Pariwisata ADWI Kemenparekraf

Advertisement

 



Bali - Dengan dipercayanya Desa Wisata Sudaji sebagai tuan rumah peace run yang melibatkan 30 Negara dengan target  jumlah peserta lebih kurang 50 orang tersebut semakin mengangkat pariwisata desa Sudaji.


Hal ini menurut para pelaku pariwisata dan pemdes setempat sebagai ajang menguji dan membuktikan kualitas pariwisata desa wisata dibali dan lainnya di tanah air.


Diketahui Sudaji beberapa waktu lalu memenangkangkan lomba ADWI 2022 dengan meraih peringkat Kedua Nasional terbaik.


Dalam beberapa kesempatan Owner Omunity Homestay Desa Sudaji yang akrab disapa Jro Sansan ini menandaskan dengan konsep pengembangan wisata Serenity, Sustainability dan Spirituality.


Lanjutnya bahwa dengan ini  Desa Wisata Sudaji Kecamatan Sawan, telah terbukti mampu memposisikan diri sebagai Runner Up ADWI Tahun 2022 dengan kategori Desa Wisata Maju di Indonesia.




"Penghargaan ini tentu memacu kita, untuk terus bergerak mewujudkan Sudaji, Desa Wisata Berkelanjutan, antara lain dengan menggelar event internasional berupa Peace Run yang diikuti 50 peserta dari 30 negara," tandasnya.



Pihaknya juga  berharap event ini dapat menggerakkan komponen pariwisata sekaligus mewujudkan Sudaji sebagai pilot project pembangunan Desa Wisata Indonesia.


Kegiatan lomba yang dilepas dari omnity homestay dilanjutkan dengan lari menempuh jarak 5 km dibagi 2 team, melibatkan anak anak sekolah dasar di wilayah Sudaji dan sekitarnya.


Camat Sawan dan muspika sawan serta pemdes Sudaji, mewakili pemerintah daerah dan provinsi melepas pelaksanaan Peace Run 5th tahun 2023 dengan lancar dan aman.



Peace Run yang dikoordinatori Executive Direktur, Mr. Salil Wilson ini diterima Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara, didampingi Camat Sawan dan Ketua Panitia Peace Run Kabupaten Buleleng, di Lapangan Desa Sudaji, Selasa (17/01)


Kadis Pariwisata sebelum kegiatan menyampaikan bahwa, melalui kegiatan Peace Run ini diharapkan geliat pariwisata khususnya di Kabupaten Buleleng semakin menggeliat dan dimulai dari Desa Sudaji.



Pihaknya kembali menyampaikan   Desa Wisata Sudaji ini menjadi salah satu contoh bagi desa wisata lainnya di Buleleng, karena telah berhasil meraih Anugerah Desa Wisata nomor 2 dengan kategori desa wisata maju tingkat nasional tahun lalu.


Tampak dukungan pemerintah daerah dalam hal ini diwakili

Camat Sawan I Made Wirama Satria, SE. menghadiri undangan  Peace Run di Desa Sudaji. 


Sehari Sebelumnya, Dalam kegiatan ini turut hadir jajaran OPD diantaranya: Dinas Pariwisata yang dihadiri langsung oleh Bapak Kadis Pariwisata, Dinas Kominfo, Kapolsek Sawan, Danramil  Sawan dan dari trantib kec. sawan.


Dalam  kegiatan Peace Run ini turut hadir 13 negara, Camat Sawan didaulat memberikan kehormatan melepas peserta  dalam pidatonya mengajak para touris atau tamu WNA untuk melali ke Buleleng, "Yuk Ke Buleleng" ajaknya.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar